Monday 23 August 2010

Piaggio MP3 300ie dengan Dua Teknologi Ramah Lingkungan

ITALIA, KOMPAS.com — Setelah meluncurkan skuter tiga roda tahun lalu, Piaggio kembali membuat debutnya dengan versi hybrid. Inilah sepeda motor hibrida pertama di dunia yang menggabungkan plug-in listrik dengan baterai litium ion yang inovatif.

Tetap konsep tiga roda (MP3), hanya kapasitas mesin lebih besar. Jika sebelumnya 124 cc, untuk yang teknologi ramah lingkungan ini disematkan berkapasitas 300 cc. Makanya, pabrikan motor Italia itu menamakannya MP3 Hybrid 300ie.

Tenaga penggeraknya didukung mesin bensin dan magnet motor yang paralel dengan transmisi otomatis (CVT). Menariknya, teknologi roda tiga ini juga sudah memakai teknologi drive-by-wire dan empat mode, yakni dua mode hybrid dan dua listrik hanya dengan menekan tombol yang terletak di sebelah kanan setang.

Teknologi hybrid pada 300ie ini sama dengan plug-in, hanya ini versi terkecilnya. Kendaraan ini juga mempunyai performa setara dengan mesin bensin 400 cc. Demikian klaim dari Piaggio.

Untuk konsumsi bahan bakar, 300ie bisa menempuh 60 km dengan 1 liter bensin, sedangkan yang versi bensin 30 km/liter. Emisi terendahnya 40 g/km, jauh di bawah rata-rata yang 90 g/km.

Untuk baterai tersembunyi di bawah sadel, selain juga bisa menyimpan helm dan perlengkapan lain. Sebuah soket berdaya 12V untuk pengisian listrik tersedia dalam kompartemen tersebut.

Harga MP3 300ie ini di Italia dibanderol 7.990 euro, sedikit lebih mahal dari MP3 dan LT MP3 300ie yang ditawarkan 6.090 dollar AS.


Sumber: bastian autoevolution

No comments:

Post a Comment